Definisi
Zellij, (Arabic: الزليج) adalah seni hiasan dekoratif ornamen islami yang bertema mosaik geometris dan banyak ditemui di negara-negara timur tengah seperti di Maroko. Apabila kita googling di internet, maka definisi zellij itu sendiri adalah seperti yang tertulis di situs wikipedia sbb :
Zellige, zillij or zellij (Arabic: الزليج) is terra cotta tilework covered with enamel in the form of chips set into plaster. It is one of the main characteristics of the Moroccan architecture. It consists of geometrical mosaics made from ceramic used mainly as an ornament for walls, ceilings, fountains, floors, pools, tables, etc (wikipedia)
Arti Filosophis Zillij :
Zillij adalah seni ornamen islami yang didasarkan pada pembelajaran, disiplin, dan iman. Pola
geometris mencerminkan keyakinan Islam bahwa hidup itu adalah
diperintahkan oleh kecerdasan kosmik, bahkan jika orang tidak selalu
bisa memahaminya. Pola-pola
abstrak mencerminkan keinginan Islam untuk memahami ciptaan Tuhan
melalui studi daripada penciptaan salinan melalui seni representasional,
yang dijauhi sebagai jalur masuk ke penyembahan berhala. Pola
Zillij dibangun dari bentuk pola dasar yang telah disempurnakan oleh
abad studi ilmiah, tradisi artistik, dan keyakinan agama.
Pada
dasarnya, tujuan dari zillij adalah dekorasi digunakan untuk
menginspirasi pemirsa menjadi refleksi meditatif hukum yang mendasari
yang mengatur alam semesta. Sejak
mengernyit tradisi Islam pada seni representasional, umat Islam
merayakan keindahan melalui seni dekoratif, seperti arabesque, tekstil,
arsitektur, pekerjaan ubin, dan desain gerabah. Nabi
Muhammad dikutip mengatakan Allah itu indah dan mencintai keindahan.
Cinta Nabi pembelajaran, apresiasi terhadap keindahan, dan direktif
untuk menghindari seni representasional memberikan set ideal kendala
untuk penciptaan dan dukungan dari karya seni zillij. Sulit membayangkan bentuk seni yang timbul dari setiap tradisi lainnya.
Sejarah Zillij:
Praktek zillij dimulai pada abad kesebelas. Praktek ini mungkin terinspirasi oleh mosaik Romawi, sisa-sisa yang dapat dilihat di reruntuhan di Volubilis. Hal
ini tentu dipengaruhi oleh keyakinan dan tradisi Islam, yang
memperingatkan terhadap seni representasional karena takut penyembahan
berhala. Sedangkan
seni representasional mungkin, sesuai dengan realitas, menodai
perspektif Islam dalam pikiran pengamat dan menyebabkan salah tempat
studi dan ibadah sesat, zillij, melalui pendekatan disiplin ruang,
garis warna, dan, mendorong pengamat untuk merefleksikan kesempurnaan ciptaan Allah.
Mosaik Maroko yang unik di dunia Muslim:
Garis-garis dalam geometri Maroko lurus yang bertentangan dengan garis lengkung yang digunakan dalam tradisi seni Timur Tengah. Ini
garis lurus dianggap pengaruh pra-Islam arsitektur, dibangun oleh
(Amazigh) populasi Berber sebelum budaya Islam tiba di Afrika Utara. Garis Maroko dapat dilihat di kedua tepi keras ubin zillij dan menara persegi panjang, tidak bulat, untuk ornamen masjid baik pada interior maupun exteriornya.
Zillij
mosaik ubin juga dikenal sebagai Zellidj, Zillij, Zellij, zellige
merupakan elemen penting pada arsitektur Moor dan Maroko dan dekorasi ubin.
Kata ini berasal dari tuile kata Perancis, yang, pada gilirannya,
berasal dari kata Latin tegula, berarti genteng terdiri dari tanah liat.
Proses
produksi dimulai dengan mencampur tanah liat dan air, dan mereka berlutut dengan tangan dan kaki sampai mereka mencapai tingkat
fleksibilitas yang tinggi dan homogenitas. Kemudian, campuran potong kotak-kotak dari 1 cm ketebalan masing-masing kuadrat dijemur supaya kering di bawah sinar matahari sebelum dimasukkan ke dalam oven khusus untuk pematangan fase pertama mereka. Ubin ditempatkan di tingkat yang berbeda sesuai dengan tingkat suhu yang diperlukan untuk mencapai warna tertentu. Ubin putih sering ditempatkan di bagian bawah diikuti dengan, biru kuning, dan hijau di atas.
Tahap
kedua dimulai ketika ubin diangkat dari oven dan memisahkan
mereka sesuai dengan warna mereka. Setelah selesai dengan proses ini,
selanjutnya mereka mulai menggambar pola desain ditujukan langsung pada ubin; hal ini
dilakukan oleh 'rasham' diikuti proses pemotongan yang dilakukan oleh 'naqqash' yang hati-hati memisahkan pola ditarik oleh palu diasah. Akhir
kata, 'khallas' atau finisher selesai pekerjaannya dengan memotong tepi
ubin 'memastikan bahwa obyek memenuhi semua persyaratan untuk
produksi. Akhirnya, master zillij menarik desain layout di tanah
dan menempatkan setiap furmah atau potongan genteng di tempat yang tepat
dalam pola keseluruhan. Yang cukup menarik, penempatan ubin dilakukan terbalik, yang membuatnya bahkan lebih sulit untuk menyerap.
Zillij
biasanya digunakan untuk menutupi dinding, lantai dan kolom dari dapur,
kamar mandi, tungku, teras, halaman, air mancur, ruang keluarga dan
ruang makan dan ruang lainnya. Ruang
ini tidak hanya mencakup tempat tinggal, tetapi juga restoran, hotel,
resor, spa, kolam renang, teater, klub golf negara, dan banyak proyek
komersial lainnya. Zillij ubin mengambil motif yang berbeda (geometris, bunga dan dipahat) dalam warna organik dan traditionaly mengkilap. Setiap motif dan warna tetap simbol dan memiliki makna khusus dalam ikonografi seni Islam / Moor. Ubin
mosaik Zillij berjalan dengan baik dengan baik gaya mediteranean
tradisional atau gaya kontemporer yang modern bahkan tergantung pada
kombinasi warna dan pola yang dapat dibuat dalam kemungkinan tak
terbatas.
Terlepas
dari lantai dan dinding, zillij dapat digunakan untuk menghasilkan
tabel yang indah dan air mancur dengan berbagai macam motif dan warna. Air mancur dapat menjadi pusat atau bagian dari dinding. Hal
ini biasanya ditempatkan di dinding seberang pintu masuk utama, segera
menghadapi pengunjung, sebagai fokus dari dekorasi zillij. Air
mancur adalah unsur yang sangat penting dari rumah Moor karena air
merupakan lambang kehidupan dalam budaya Moor kuno selama berabad-abad
di Al Hambra, Spanyol. Dalam
cuaca panas, air dari kolam dan air mancur halaman mendingin lingkungan
dan air yang mengalir bekerja sebagai santai dan menarik elemen visual.
Air
tidak hanya mencerminkan arsitektur dan berkembang biak tema dekoratif,
tetapi juga dapat berfungsi sebagai sarana untuk menekankan sumbu
visual.
catatan redaksi : diambil dari berbagai sumber di internet
Fine-Art of GFRC Products
Marketing Office:
*Ruko Terminal Mojoagung Blok A-5 Mojotrisno, Mojoagung, Jombang, Jawa Timur 61248, Indonesia
Workshop:
*Jl. Wonoayu Gg. Sawahan 99, Dukuh Mojo, Mojoagung, Jombang, Jawa Timur 61482
Contact Person :
Moh. Beny Adam
telp :
0321-490505
081333311500
081233332230