Definisi
Zellij, (Arabic: الزليج) adalah seni hiasan dekoratif ornamen islami yang bertema mosaik geometris dan banyak ditemui di negara-negara timur tengah seperti di Maroko. Apabila kita googling di internet, maka definisi zellij itu sendiri adalah seperti yang tertulis di situs wikipedia sbb :
Zellige, zillij or zellij (Arabic: الزليج) is terra cotta tilework covered with enamel in the form of chips set into plaster. It is one of the main characteristics of the Moroccan architecture. It consists of geometrical mosaics made from ceramic used mainly as an ornament for walls, ceilings, fountains, floors, pools, tables, etc (wikipedia)
Arti Filosophis Zillij :
Zillij adalah seni ornamen islami yang didasarkan pada pembelajaran, disiplin, dan iman. Pola geometris mencerminkan keyakinan Islam bahwa hidup itu adalah diperintahkan oleh kecerdasan kosmik, bahkan jika orang tidak selalu bisa memahaminya. Pola-pola abstrak mencerminkan keinginan Islam untuk memahami ciptaan Tuhan melalui studi daripada penciptaan salinan melalui seni representasional, yang dijauhi sebagai jalur masuk ke penyembahan berhala. Pola Zillij dibangun dari bentuk pola dasar yang telah disempurnakan oleh abad studi ilmiah, tradisi artistik, dan keyakinan agama.
Pada dasarnya, tujuan dari zillij adalah dekorasi digunakan untuk menginspirasi pemirsa menjadi refleksi meditatif hukum yang mendasari yang mengatur alam semesta. Sejak mengernyit tradisi Islam pada seni representasional, umat Islam merayakan keindahan melalui seni dekoratif, seperti arabesque, tekstil, arsitektur, pekerjaan ubin, dan desain gerabah. Nabi Muhammad dikutip mengatakan Allah itu indah dan mencintai keindahan. Cinta Nabi pembelajaran, apresiasi terhadap keindahan, dan direktif untuk menghindari seni representasional memberikan set ideal kendala untuk penciptaan dan dukungan dari karya seni zillij. Sulit membayangkan bentuk seni yang timbul dari setiap tradisi lainnya.
Sejarah Zillij:
Praktek zillij dimulai pada abad kesebelas. Praktek ini mungkin terinspirasi oleh mosaik Romawi, sisa-sisa yang dapat dilihat di reruntuhan di Volubilis. Hal ini tentu dipengaruhi oleh keyakinan dan tradisi Islam, yang memperingatkan terhadap seni representasional karena takut penyembahan berhala. Sedangkan seni representasional mungkin, sesuai dengan realitas, menodai perspektif Islam dalam pikiran pengamat dan menyebabkan salah tempat studi dan ibadah sesat, zillij, melalui pendekatan disiplin ruang, garis warna, dan, mendorong pengamat untuk merefleksikan kesempurnaan ciptaan Allah.
Praktek zillij dimulai pada abad kesebelas. Praktek ini mungkin terinspirasi oleh mosaik Romawi, sisa-sisa yang dapat dilihat di reruntuhan di Volubilis. Hal ini tentu dipengaruhi oleh keyakinan dan tradisi Islam, yang memperingatkan terhadap seni representasional karena takut penyembahan berhala. Sedangkan seni representasional mungkin, sesuai dengan realitas, menodai perspektif Islam dalam pikiran pengamat dan menyebabkan salah tempat studi dan ibadah sesat, zillij, melalui pendekatan disiplin ruang, garis warna, dan, mendorong pengamat untuk merefleksikan kesempurnaan ciptaan Allah.
Mosaik Maroko yang unik di dunia Muslim:
Garis-garis dalam geometri Maroko lurus yang bertentangan dengan garis lengkung yang digunakan dalam tradisi seni Timur Tengah. Ini
garis lurus dianggap pengaruh pra-Islam arsitektur, dibangun oleh
(Amazigh) populasi Berber sebelum budaya Islam tiba di Afrika Utara. Garis Maroko dapat dilihat di kedua tepi keras ubin zillij dan menara persegi panjang, tidak bulat, untuk ornamen masjid baik pada interior maupun exteriornya.
Zillij mosaik ubin juga dikenal sebagai Zellidj, Zillij, Zellij, zellige merupakan elemen penting pada arsitektur Moor dan Maroko dan dekorasi ubin. Kata ini berasal dari tuile kata Perancis, yang, pada gilirannya, berasal dari kata Latin tegula, berarti genteng terdiri dari tanah liat. Proses produksi dimulai dengan mencampur tanah liat dan air, dan mereka berlutut dengan tangan dan kaki sampai mereka mencapai tingkat fleksibilitas yang tinggi dan homogenitas. Kemudian, campuran potong kotak-kotak dari 1 cm ketebalan masing-masing kuadrat dijemur supaya kering di bawah sinar matahari sebelum dimasukkan ke dalam oven khusus untuk pematangan fase pertama mereka. Ubin ditempatkan di tingkat yang berbeda sesuai dengan tingkat suhu yang diperlukan untuk mencapai warna tertentu. Ubin putih sering ditempatkan di bagian bawah diikuti dengan, biru kuning, dan hijau di atas.
Tahap kedua dimulai ketika ubin diangkat dari oven dan memisahkan mereka sesuai dengan warna mereka. Setelah selesai dengan proses ini, selanjutnya mereka mulai menggambar pola desain ditujukan langsung pada ubin; hal ini dilakukan oleh 'rasham' diikuti proses pemotongan yang dilakukan oleh 'naqqash' yang hati-hati memisahkan pola ditarik oleh palu diasah. Akhir kata, 'khallas' atau finisher selesai pekerjaannya dengan memotong tepi ubin 'memastikan bahwa obyek memenuhi semua persyaratan untuk produksi. Akhirnya, master zillij menarik desain layout di tanah dan menempatkan setiap furmah atau potongan genteng di tempat yang tepat dalam pola keseluruhan. Yang cukup menarik, penempatan ubin dilakukan terbalik, yang membuatnya bahkan lebih sulit untuk menyerap.
Zillij biasanya digunakan untuk menutupi dinding, lantai dan kolom dari dapur, kamar mandi, tungku, teras, halaman, air mancur, ruang keluarga dan ruang makan dan ruang lainnya. Ruang ini tidak hanya mencakup tempat tinggal, tetapi juga restoran, hotel, resor, spa, kolam renang, teater, klub golf negara, dan banyak proyek komersial lainnya. Zillij ubin mengambil motif yang berbeda (geometris, bunga dan dipahat) dalam warna organik dan traditionaly mengkilap. Setiap motif dan warna tetap simbol dan memiliki makna khusus dalam ikonografi seni Islam / Moor. Ubin mosaik Zillij berjalan dengan baik dengan baik gaya mediteranean tradisional atau gaya kontemporer yang modern bahkan tergantung pada kombinasi warna dan pola yang dapat dibuat dalam kemungkinan tak terbatas.
Terlepas dari lantai dan dinding, zillij dapat digunakan untuk menghasilkan tabel yang indah dan air mancur dengan berbagai macam motif dan warna. Air mancur dapat menjadi pusat atau bagian dari dinding. Hal ini biasanya ditempatkan di dinding seberang pintu masuk utama, segera menghadapi pengunjung, sebagai fokus dari dekorasi zillij. Air mancur adalah unsur yang sangat penting dari rumah Moor karena air merupakan lambang kehidupan dalam budaya Moor kuno selama berabad-abad di Al Hambra, Spanyol. Dalam cuaca panas, air dari kolam dan air mancur halaman mendingin lingkungan dan air yang mengalir bekerja sebagai santai dan menarik elemen visual. Air tidak hanya mencerminkan arsitektur dan berkembang biak tema dekoratif, tetapi juga dapat berfungsi sebagai sarana untuk menekankan sumbu visual.
catatan redaksi : diambil dari berbagai sumber di internet
www.grcartikon.co.id
Fine-Art of GFRC Products
email: marketing@grcartikon.co.id
Marketing Office:
*Ruko Terminal Mojoagung Blok A-5 Mojotrisno, Mojoagung, Jombang, Jawa Timur 61248, Indonesia
Workshop:
*Jl. Wonoayu Gg. Sawahan 99, Dukuh Mojo, Mojoagung, Jombang, Jawa Timur 61482
*Ruko Terminal Mojoagung Blok A-5 Mojotrisno, Mojoagung, Jombang, Jawa Timur 61248, Indonesia
Workshop:
*Jl. Wonoayu Gg. Sawahan 99, Dukuh Mojo, Mojoagung, Jombang, Jawa Timur 61482
Contact Person :
Moh. Beny Adam
telp :
0321-490505
081333311500
081233332230
081233332230