. .

time is money

Jenis Krawangan (Krawangan GRC, Krawangan Pipa Hallow, Krawangan Besi Cor, Krawangan Kayu)

Ragam desain produk untuk keperluan dunia arsitektur saat ini semakin berkembang. Jika ditelisik hal itu karena terimbas oleh beberapa penyebab. Penyebab paling dominan adalah adanya peningkatan permintaan konsumen dari waktu ke waktu. Ini berarti juga bahwa kompetisi dalam wilayah usaha arsitektur juga semakin ketat. Bermacam produk yang ditawarkan di pasar akhirnya terus bersaing dengan rancang desain yang sangat menarik. Tak hanya dari segi tawaran desain saja yang dikembangkan, inovasi bahan dasar dan atau media yang digunakan sebagai produk akhir juga semakin variatif.
Pada tulisan kali ini akan kami ulas sekilas tentang ragam produk arsitektur jenis krawangan  yang dikreasikan pada bermacam media. Produk krawangan yang memiliki peluang untuk bisa didesain dengan varian pilihan motif saat ini banyak diminati konsumen untuk bermacam keperluan. Di antaranya adalah untuk bangunan hotel, rumah, tempat ibadah, perkantoran, dan lain-lain. Panel krawangan yang dipasarkan oleh produsen juga beragam bahan dasarnya. Ada krawangan berbahan GRC (Glassfibre Reinforced Cement), krawangan berbahan besi/ pipa hollow, krawangan berbahan besi cor, dan krawangan berbahan kayu. Kesemuanya memiliki keunggulan dan kekurangan. Walaupun demikian tetap saja semua produk tersebut tetap memiliki keistimewaan tempat di hati konsumen yang juga beragam seleranya.

Krawangan GRC
GRC adalah salah satu produk hasil olahan dari bahan komposit. Dengan bahan campuran semen, agregat, serat fiberglass, dan penguat lainnya, GRC dibentuk sesuai desain yang diinginkan. Jenis krawangan ini sangat cocok diterapkan untuk keperluan arsitektur yang bersifat eksterior. Keunggulan produk berbahan komposit ini sudah dibahas pada artikel-artikel PJ Artikon sebelumnya. Begitu bisa diandalkannya bahan ini sehingga GRC sangatlah populer dan banyak diminati di dunia arsitektur. Kembali kami tampilkan beberapa keunggulan yang dimiliki produk ini, yaitu sebagai berikut:
  1. Praktis dan dapat dicetak dalam bentuk apa saja (lebih flexible).
  2. Proses pencetakan bisa diterapkan sekalipun untuk bentuk desain yang memiliki tingkat kerumitan tinggi (mulai dari jenis GRC yang dicetak tipis sebagai papan/ GRC Board sampai dengan GRC Krawangan berdesain dekoratif yang rumit).
  3. Pemasangan GRC relatif lebih mudah karena bahan lebih ringan.
  4. Karakteristik yang ringan bisa mengurangi beban konstruksi gedung, sehingga dapat mengurangi biaya struktur dan pondasi.
  5. Lebih tahan lama dan mudah dalam proses pemeliharaannya.
  6. Memiliki keuletan yang tinggi sehingga tidak mudah retak.
  7. Proses pewarnaan dan bentuk bisa disesuaikan dengan keinginan.
  8. Lebih ramah pada kesehatan manusia karena tidak mengandung bahan asbes.
  9. Tahan di segala cuaca (hujan, panas, musim salju).
  10. Tahan korosi, api, pengikisan, serangga, dan perubahan suhu.



Contoh Panel Krawangan GRC produk PJ Artikon, www.gudangroster.com

Dengan keunggulan yang sedemikian banyak, GRC berjenis krawangan sangat membantu dalam dunia arsitektur. Pada umumnya, untuk model krawangan desain yang digunakan memiliki maksud tersendiri. Bentuk GRC Krawangan yang dirancang dengan ornamen dekoratif berlubang selain memiliki keunggulan seperti di atas juga memiliki fungsi untuk menambah aspek keindahan, untuk keperluan proses ventilasi ruang (proses keluar masuk udara pada ruangan), membantu tata cahaya dan suplai udara alamiah. Dengan kelebihan yang dimiliki, bukan berarti produk berbahan GRC tidak ada kekurangan. Produk GRC rentan terhadap benturan keras –kekurangan ini sangatlah wajar--.

Krawangan Pipa Hallow
Krawangan yang satu ini merupakan jenis krawangan yang terbuat dari pipa hallow/ pipa besi. Jenis krawangan ini tidak begitu populer dalam penggunaannya sebagai krawangan ornamental di bidang arsitektur. Walaupun begitu tetap saja memiliki kekhasan/ aspek kelebihan tersendiri dibandingkan dengan produk jenis lainnya. Krawangan pipa hallow lebih fleksibel dibentuk dalam berbagai macam desain untuk kebutuhan interior dan eksterior bidang arsitektur. Cara pembentukan sesuai desain pun tidak membutuhkan teknik seperti produk cor (karena tidak menggunakan teknik cor, tetapi dengan teknik pengelasan). Selain memiliki kelebihan seperti tersebut, krawangan jenis ini juga memiliki kelemahan pada sisi ketahanan terhadap korosi dan pemuaian.

Krawangan Besi Cor
Krawangan besi cor sebenarnya identik dengan krawangan pipa hallow, karena krawangan besi cor juga berbahan dasar besi. Sama seperti krawangan pipa hallow, Krawangan besi cor lebih fleksibel dibentuk dalam berbagai macam desain untuk kebutuhan interior dan eksterior bidang arsitektur. Perbedaan antara keduanya terletak pada proses pembuatannya. Jika ornamen krawangan pipa besi hanya sekadar dibentuk dengan pengelasan, krawangan besi cor diproses dengan mengecor rongga besi sebelum dilakukan pengelasan. Keunggulan yang dimiliki juga sama, hanya saja krawangan besi cor memiliki bobot lebih berat dari besi tanpa cor. Sedangkan untuk kekurangannya, kedua produk sama-sama memiliki kelemahan pada sisi ketahanan terhadap korosi dan rentan terjadi pemuaian.

Krawangan Kayu
Contoh Panel Krawangan Kayu produk PJ Artikon, www.gudangroster.com

Krawangan kayu merupakan jenis krawangan yang dibuat dari kayu. Krawangan jenis ini digunakan untuk kebutuhan interior dalam bidang arsitektur. Teknik pembuatannya tidak dengan dicetak, dicor, atau dilas. Teknik pembuatan sama dengan teknik pengolahan kayu pada umumnya. Seperti halnya benda yang terbuat dari kayu, krawangan ini terlihat lebih natural. Keunggulan yang dimiliki relatif sama dengan benda-benda yang terbuat dari kayu. Bisa dikreasikan ke berbagai bentuk desain, lebih bernuansa klasik dengan memanfaatkan struktur alamiah kayu, pewarnaan bebas, tidak berkarat. Sedangkan untuk kekurangannya adalah tidak tahan pada api, rentan rapuh karena diminati oleh serangga pemakan kayu.

Demikian artikel singkat tentang panel krawangan berbagai jenis dilihat dari segi bahan dasar pembuatannya. Dengan semua kelebihan dan kekurangan, produk krawangan tersebut di atas memiliki daya saing yang baik dalam dunia usaha bidang arsitektur. Baik panel krawangan berbahan GRC (Glassfibre Reinforced Cement), krawangan berbahan besi/ pipa hollow, krawangan berbahan besi cor, dan krawangan berbahan kayu, terdapat keunikan dan kekhasan dari masing-masing yang membuat produk-produk tersebut tetap dicari dan diminati oleh konsumen.

PJ Artikon dengan berbagai macam motivasi yang kuat telah melakukan inovasi ide dalam hal produksi panel krawangan. Termasuk pemroduksian empat panel krawangan tersebut di atas, yaitu Krawangan GRC, Krawangan Pipa Hallow, Krawangan Besi Cor, dan Krawangan Kayu. Semua dilakukan untuk memenuhi kebutuhan bidang kerja arsitektur yang semakin berkembang pesat.





www.grcartikon.co.id

Fine-Art of GFRC Products

Marketing Office:
*Ruko Terminal Mojoagung Blok A-5 Mojotrisno, Mojoagung, Jombang, Jawa Timur 61248, Indonesia 


 Workshop:
*Jl. Wonoayu Gg. Sawahan 99, Dukuh Mojo, Mojoagung, Jombang, Jawa Timur 61482

 

telp :
0321-490505