. .

time is money

Keindahan Architrave pada Bangunan Klasik dan Modern

Dalam dunia arsitektur Architrave dikenal sebagai suatu ornamen atau profil berbentuk batangan yang digunakan untuk membingkai kusen pintu dan jendela bangunan. Dilihat dari sisi fungsinya Architrave serupa pigura yang biasa membingkai sebuah gambar atau foto pada dinding suatu ruangan. Architrave memiliki fungsi utama sebagai penghias atau aksesoris untuk mempercantik dan memperindah tampilan suatu bangunan.
Kata Architrave sebenarnya berasal dari bahasa Italia yang bermakna sebuah ornamen yang mengelilingi suatu bukaan. Walaupun Architrave pada mulanya lebih identik sebagai bingkai kusen pada bangunan-bangunan klasik, saat ini sudah banyak dipergunakan untuk bangunan-bangunan modern. Bahkan sering dijumpai ornamen Architrave dalam bentuk penggabungan unsur klasik dan modern untuk menciptakan nuansa baru yang lebih indah. Selain menambah nilai keindahan, Architrave juga difungsikan untuk membangun kesan kekokohan, kekuatan, dan nuansa elegan.
Istilah Architrave di Indonesia lebih familiar disebut dengan Lis Kusen atau Cassing Moulding. Dengan istilah yang berbeda, fungsi Architrave tetap sama seperti pada umumnya. Pengadopsiannya secara keseluruhan sangat bisa diterima pada perkembangan dunia arsitektur di Indonesia. Penerapan Architrave pada segala konsep bangunan memberi nilai tambah keindahan secara menyeluruh. Baik dalam tata konsep bangunan tradisional (unsur lokalitas Indonesia) maupun konsep bangunan berkonsep modern/ minimalis.
Perkembangan arsitektur di segala sisi telah ikut memberi sentuhan perkembangan pada Architrave, khususnya pada segi pemroduksian. Jika dahulu Architrave lebih banyak diproduksi dari bahan dasar kayu, saat ini bahan pembuatan Architrave sudah mulai bervariasi. Salah satu bahan yang populer digunakan untuk pembuatan Architrave pada masa sekarang adalah GRC (Glassfibre Reinforced Cement). Masing-masing bahan (baik kayu maupun GRC) memiliki ciri khas saat diproduksi dalam bentuk Architrave. Bahan kayu pada umumnya digunakan untuk bangunan bergaya minimalis dengan bentuk profil yang polos. Sedangkan Architrave berbahan GRC lebih cenderung bisa diterapkan pada segala konsep bangunan, karena sifat GRC yang bisa dicetak sesuai keinginan.
Architrave berbahan GRC lebih kaya pilihan ornamen, bermacam bentuk profil yang ditawarkan adalah corak polos dan atau menonjolkan kompleksitas motif. Jika pilihan bahan yang digunakan untuk Architrave adalah GRC, maka varian desain akan lebih banyak. Ornamen Architrave tidak sekadar mengandalkan variasi ornamen, namun akan lebih pada efisiensi pemasangan. Tentu saja akan semakin menambah nilai estetika karena banyaknya motif yang bisa dicipta dengan bahan GRC.
Kemajuan zaman telah menjadikan Architrave bisa difungsikan untuk banyak keperluan arsitektur. Tidak hanya untuk bingkai kusen pintu dan jendela, Architrave juga bisa dimanfaatkan sebagai aksesoris dekorasi dinding bangunan interior maupun eksterior. Pemakaian Architrave pada dinding ruangan umumnya berfungsi sebagai penyeimbang dan penghubung agar kesan klasik memiliki kesatuan utuh antara interior dan eksterior. Jika terjadi penyatuan dan keseimbangan antara interior dan eksterior maka akan terbentuk nuansa bangunan klasik yang indah dan mewah.

Untuk memenuhi kebutuhan dunia arsitektur yang semakin maju, Architrave mulai banyak diminati oleh masyarakat. Dengan demikian produksi Architrave dari waktu ke waktu selalu ramai pemesanan. Dalam pemroduksian GRC, PJ Artikon menyediakan layanan pembuatan panel GRC termasuk untuk jenis Architrave. Panel GRC dalam bentuk Architrave yang ditawarkan merupakan produk GRC yang mengedepankan segi kualitas bahan dan estetika desain. Profil Architrave PJ Artikon bisa digunakan untuk bangunan rumah tinggal, rumah ibadah, perkantoran, dan sebagainya. 



www.grcartikon.co.id

Fine-Art of GFRC Products

Marketing Office:
*Ruko Terminal Mojoagung Blok A-5 Mojotrisno, Mojoagung, Jombang, Jawa Timur 61248, Indonesia 


 Workshop:
*Jl. Wonoayu Gg. Sawahan 99, Dukuh Mojo, Mojoagung, Jombang, Jawa Timur 61482

 

telp :
0321-490505