. .

time is money

Rahasia Rumah terasa Sejuk dan Nyaman



 
Adakalanya kita merasa sebuah rumah terasa sejuk dan segar alami, dan satu saat kita merasakan sebuah rumah yang terasa pengap, panas atau lembab sehingga membuat kita tak nyaman bila tidak menyalakan kipas angin atau AC. Pertanyaannya, mengapa demikian? Bisakah kita mendesain rumah agar terasa sejuk tanpa AC?

Rahasianya adalah pada faktor pencahayaan dan penghawaan dalam rumah tersebut. Indonesia sebagai negara tropis yang dilewati garis katulistiwa, sangat kaya akan sinar matahari sepanjang tahun dan memiliki temperatur udara lebih panas dibanding belahan dunia lainnya. Apalagi sebagai negara kepulauan, menyebabkan udara di Indonesia memiliki kelembaban tinggi akibat penguapan air laut oleh sinar matahari.
Nah, untuk itulah mari kita mencari solusi dari kondisi di atas. Sebenarnya para arsitek Belanda sejak jaman kolonial sudah menerapkan konsep untuk bangunan rumah bagi para bangsa Eropa yang tinggal disini, yang dapat kita lihat pada konsep bangunan-bangunan kolonial peninggalan masa lalu. Bukaan-bukaan lebar, jendela jalusi, ventilasi di atas pintu/jendela, plafon tinggi, aplikasi roster beton pada gewel atap, adalah solusi untuk menjawab masalah temperatur dan kelembaban tinggi di negeri ini.
 
Secara teknis, kita mengenal istilah cross ventilation alias ventilasi silang. Sebenarnya udara yang ada di dalam ruangan harus senantiasa bergerak supaya terjadi pertukaran udara dan perpindahan panas secara terus menerus. Aliran udara tersebut harus diatur sedemikian agar tidak macet yang mengakibatkan pengap, atau terlalu cepat yang mengakibatkan penguni rumah gampang masuk angin..hehehe…

Konsep dasar ventilasi silang adalah menempatkan dua bukaan pada sisi yang saling berhadapan dalam ruangan rumah, dimana dengan memanfaatkan beda tekanan pada sisi-sisi luar bangunan akan menyebabkan aliran udara sehingga menarik udara kotor keluar dari ruangan tersebut. Wujudnya bisa berupa pintu, jendela, kerawangan, jalusi, kaca nako, roster beton atau bovenlight. Lokasinya sebaiknya tidak langsung berhadapan tapi sedikit menyerong supaya wilayah pergerakan udara lebih merata pada segenap ruangan.
 
Nah kira-kira luasnya? dari beberapa literatur, ideal luas bukaan adalah 20% dari luas lantai ruangan untuk termasuk pula untuk pencahayaan. Sedangkan untuk luas penghawaan/sirkulasi udara minimal 5% untuk rumah dan 10% untuk bangunan publik seperti sekolah, pabrik atau kantor dengan wujud berupa jendela atau ventilasi lainnya. Namun perlu juga diketahui bahwa aliran udara juga dipengaruhi oleh hambatan di dalam ruangan, sehingga sebaiknya ventilasi diletakkan pada posisi agak tinggi misal di atas pintu atau jendela.
 
Arah hadap rumah dan bentuk ruangan pada bangunan juga turut mempengaruhi sehingga adakalanya pada ruangan tersebut harus dibuatkan void/bukaan atas supaya aliran udara dan intensitas cahaya tetap terjaga. Penempatan pohon rindang pada halaman/taman, juga bisa menurunkan temperatur luar sehingga bisa ‘memancing’ udara panas di dalam ruangan ‘tertarik’ keluar dan akibatnya udara ruangan terasa sejuk dan nyaman.  Hal serupa juga bisa  diterapkan dengan membuat kolam/taman air, yang pada akhirnya bisa membuat rumah terasa lebih sejuk. Ingatlah bahwa udara bergerak akibat perbedaan temperatur di dua wilayah yang berbeda.
 
Pemakaian roster beton sebagai lubang ventilasi, selain harganya murah juga akan bisa menambah nilai estetika rumah anda menjadi rumah yang unik jika diaplikasikan secara tepat. Untuk rumah yang memakai kap atap tipe pelana, bisa menempatkan roster beton pada dinding gewel untuk ventilasi udara di dalam kap atap rumah sehingga suhu plafon lebih dingin. Jika anda tak bisa menanam pohon rindang di halaman karena perawatan dan harus membersihkan daun-daun tiap hari, anda bisa menerapkan dinding roster beton sebagai secondary skin sehingga sinar matahari tak menerpa langsung dinding rumah agar suhu rumah lebih dingin, namun aliran udara tetap lancar. Karena dibuat dari beton, roster jenis ini bisa dipasang di luar rumah dengan minim perawatan karena tahan cuaca ekstrim. Khawatir gangguan nyamuk akibat memasang roster beton sebagai ventilasi udara? Anda bisa membeli roster beton anti nyamuk yang tersedia di pasaran.
 
Nah, semoga konsep ventilasi silang bisa diterapkan sembari menerapkan konsep rumah hemat energi karena bisa menciptakan kesejukan tanpa harus sering memakai AC alias air conditioner yang memakai energi listrik, maupun mengurangi pemakaian lampu pada sinar hari. Ingat, Hemat Energi artinya Hemat Biaya.   



www.grcartikon.co.id

Fine-Art of GFRC Products

Marketing Office:
*Ruko Terminal Mojoagung Blok A-5 Mojotrisno, Mojoagung, Jombang, Jawa Timur 61248, Indonesia 


 Workshop:
*Jl. Wonoayu Gg. Sawahan 99, Dukuh Mojo, Mojoagung, Jombang, Jawa Timur 61482

 

Contact Person :
Moh. Beny Adam
telp :
0321-490505

081333311500
081233332230