. .

time is money

Ragam Cladding



Cladding sudah sangat dikenal oleh khalayak, khususnya orang-orang yang berhubungan dengan  dunia arsitektur. Namun demikian nama cladding belum populer di telinga masyrakat yang awam tentang arsitektur. Secara bentuk dan material pada umumnya cladding memiliki kelebihan-kelebihan dan kekurangan. Secara umum banyak yang lebih mengutamakan kelebihannya daripada kekurangannya, sehingga tetap saja cladding memiliki tempat khusus di hati konsumen penggunanya sebagai bagian dari perkembangan dan inovasi arsitektural masa kini.
Masyarakat sering menyebut cladding dengan sebutan dinding lembaran. Cladding juga memiliki sebutan lain, yaitu sidding. Cladding adalah aplikasi eksterior yang dipasang di atas bahan lain yang dijadikan sebagai lapisan luar dengan tujuan menginfiltrasi efek cuaca dengan tetap mempertimbangkan nilai-nilai estetika. Cladding juga bisa diartikan sebagai struktur eksterior yang dipasang pada dinding luar dan bisa berfungsi sebagai finishing. Selain sebagai finishing, cladding juga berfungsi sebagai kerangka penopang struktur utama eksterior, sebagai proteksi agar bangunan tidak mudah terkena kotoran atau polusi dari luar yang bisa mengakibatkan rusaknya struktur utama eksterior, dan menjadi salah satu elemen yang mempercantik tampilan bangunan. Fungsi-fungsi tersebut terintegrasi menjadi satu pola desain cladding yang dipersiapkan untuk multi fungsi. Contoh konkrit terlihat jelas pada gambar berikut:


Gambar di atas merupakan salah satu contoh produk cladding yang berfungsi ganda. Jika dilihat pola desain yang garis-garis, ini seolah hanya menjadi fungsi memperindah tampilan dinding eksterior suatu bangunan. Padahal jika dicermati lebih teliti ternyata pola garis yang terdapat pada cladding selain sebagai elemen mempercantik dinding eksterior juga berfungsi sebagai pengelak air hujan.
Ada banyak varian tipe cladding yang ditawarkan. Tipe yang dimaksud adalah berdasarkan pertimbangan kegunaan hingga mengarah pada desain produknya. Beberapa tipe cladding itu adalah sebagai berikut:
1.       Metal cladding
Metal cladding merupakan cladding yang tersusun dari campuran bahan logam yang berbeda-beda. Ada dua macam produk cladding ini, yaitu aluminium sidding dan corrugated steel. Jenis aluminium sidding biasa digunakan pada bangunan rumah hunian, sedangkan corrugated steel biasa digunakan pada bangunan gudang penyimpanan.


2.       Stone Veneer
Cladding jenis ini merupakan suatu pelapis dinding/ lapisan finishing terbaru berbahan batu alam yang diiris sangat tipis. Batu alam ini biasanya diiris setebal 1 inci dengan berat yang kurang dari 73 kg/ m2. Kelebihan yang dimiliki stone veneer dibandingkan dengan batu alam  biasa antara lain adalah:
-   material yang ringan sangat memungkinkan untuk dipindah-pindah
-   sangat mudah dipotong dan dibentuk sesuai keinginan, bahkan dipotong dengan menggunakan gunting
-   sifat batu fleksibel karena bisa ditekuk sesuai media pemasangan
-   bahan ini anti ulra violet, cenderung tahan terhadap sengatan sinar matahari
-   motif batu sangat beragam sehingga tidak terkesan monoton untuk keperluan dinding dekoratif
-   dapat diaplikasikan ke berbagai media, semisal: dinding, plafon, lantai, dan furnitur
-   mengurangi daya serap dinding terhadap air


3.       Vinyl Cladding
Vinyl Cladding adalah jenis cladding eksterior hasil rekayasa yang terbuat dari bahan polyvinyl chloride (PVC) resin. Di Inggris dan New Zealand bahan yang sama dikenal sebagai uPVC weatherboarding. Produk ini diperkenalkan secara umum pada tahun 1950-an sebagai pengganti aluminium. Kali pertama diproduksi oleh pabrik Crane Plastics, Columbus, Ohio. Seiring perkembangannya Vinyl cladding mengalami perubahan formulasi untuk meningkatkan kualitas, kecepatan produksi, resistensi dampak, dan pengembangan perwarnaan.


4.       EIFS (Exterior Insulation and Finish Systems)
Bisa dikatakan bahwa Exterior Insulation and Finish Systems adalah cladding yang sangat populer saat ini, terutama untuk diaplikasikan pada bangunan-bangunan non-residensial (kantor, sekolah, gedung rumah sakit, gedung komersial, dll.). EIFS adalah sistem yang terbuat dari plastik yang dilapisi material. EIFS adalah cladding dinding sintetis ringan yang mencakup insulasi busa plastik dan coating sintetis tipis.


5.       Wood cladding
Wood cladding terbuat dari kayu, relatif mudah diterapkan pada sturktur bangunan. Meskipun instalasi dan perbaikannya relatif sederhana, wood cladding lebih membutuhkan perawatan yang kontinu dalam kurun waktu sekitar 4-9 tahun. Hal ini disebabkan karena bahan kayu sangat diminati oleh jenis serangga pemakan kayu, jika tidak dilakukan perawatan secara berkala dikhawatirkan akan mengakibatkan percepatan kerusakan kayu.


6.       GRC Cladding
Glassfibre Reinforced Cement (GRC) bisa diaplikasikan dalam berbagai keperluan. Termasuk salah satunya adalah dimanfaatkan sebagai cladding. Fungsi utama cladding sebagai pelapis dinding sesuai dengan karakter GRC yang bisa disesuaikan bentuknya dengan keinginan. GRC cladding sangat cocok diterapkan untuk segala jenis bangunan. Karena sifatnya yang ringan, mudah dibentuk sesuai keinginan, ramah lingkungan, tahan lama, rendah perawatan. GRC yang terbuat dari material komposit, perpaduan antara semen dengan bahan agregat dan penguat bahan menjadi alternatif kebutuhan bangunan, termasuk dijadikan sebagai cladding. Demikian juga dengan banyaknya pilihan desain ornamental yang bisa diaplikasikan pada GRC menjadikannya banyak diminati di dunia arsitektur.



Dari sekian jenis cladding seperti gambaran di atas, PJ ARTIKON sebagai perusahaan yang memproduksi material beton pracetak (concrete precast) juga menawarkan produk cladding berbahan komposit atau GRC cladding. Kebutuhan pasar di bidang arsitektur terus mendorong PJ ARTIKON untuk selalu meningkatkan produktivitas dan kinerja. Baik dalam hal kualitas produksi sampai dengan kualitas pelayanan. Dengan demikian diharapkan dapat terwujudnya visi-misi perusahaan secara maksimal, yaitu keutamaan dan kepentingan konsumen. Kebutuhan konsumen dalam hal material beton pracetak, khususnya GRC bisa dilayani di perusahaan ini. Termasuk pelayanan dan penyediaan GRC kategori khusus untuk cladding yang kuat, indah, dan berkualitas tersedia di www.grcartikon.com 







www.grcartikon.co.id

Fine-Art of GFRC Products

Marketing Office:
*Ruko Terminal Mojoagung Blok A-5 Mojotrisno, Mojoagung, Jombang, Jawa Timur 61248, Indonesia 


 Workshop:
*Jl. Wonoayu Gg. Sawahan 99, Dukuh Mojo, Mojoagung, Jombang, Jawa Timur 61482

 

telp :
0321-490505