. .

time is money

Rumah Sehat dan GRC



Rumah sebagai salah satu kebutuhan primer manusia memiliki fungsi yang sangat dominan dalam kehidupan. Selain sebagai hunian sehari-hari, rumah juga menjadi tempat bagi suatu keluarga untuk membangun kehidupan berumah tangga yang nyaman, sejahtera dan bahagia. Berhubungan dengan hal itu, keberadaan rumah tidak bisa dipandang sebelah mata. Dengan fungsinya yang begitu luas, maka sangat mungkin fungsi-fungsi itu bisa terwujudkan dengan baik jika membangun sebuah rumah juga harus memperhatikan segi kenyamanan fisik bangunannya. Perhatian pada segi kenyamanan bangunan fisik rumah yang dimaksud bukan pada kemegahan dan fasilitas yang mewah, tetapi tingkat kenyamanan sesuai dengan standarnya. Standar yang seperti apa?
Setidaknya standar yang diterapkan dalam pembangunan rumah adalah yang memiliki tingkat kenyamanan maksimal, yaitu dengan pertimbangan segi kesehatan. Rumah sehat bukanlah rumah besar dan megah serta mewah, dalam hal ini rumah sederhana pun bisa menjadi hunian yang baik asalkan memperhatikan koridor pentingnya kesehatan untuk kenyamanan sehari-hari. Hal mendasar yang sangat diperhitungkan sebenarnya terletak pada segi bahan bangunan. Saat kita ingin membangun rumah dengan kemampuan pengetahuan yang terbatas tentang bahan bangunan bisa jadi berakibat fatal, karena tidak tepat memilih bahan bangunan yang ramah pada kesehatan manusia.
Ada banyak alternatif pilihan bahan bangunan yang bisa digunakan untuk mendukung perencanaan rumah sehat. Salah satu alternatif itu adalah produk berbahan komposit, semisal GRC (Glassfibre Reinforced Cement). Pada postingan-postingan yang lalu sudah dijelaskan secara berulang tentang produk berbahan komposit ini. Salah satu keunggulan itu adalah keramahannya pada kesehatan manusia. Produk berbahan komposit ini secara jelas telah terbukti memiliki kriteria sebagai bahan yang ramah lingkungan dan tidak mengganggu kesehatan manusia (lihat: http://en.wikipedia.org/wiki/Fiberglass#Health_problems). Produk ini telah banyak direkomendasikan di banyak negara sebagai bahan bangunan karena keunggulannya yang tidak mengganggu kesehatan.
Di lihat dari segi bahan dasarnya; GRC (GlassfibreReinforced Cement) yang diciptakan dengan teknik mixing antara semen, serat fiberglass, agregat, dan bahan penguat, memang tidak membahayakan bagi kesehatan manusia. Bukti ilmiah telah menunjukkan bahwa fiberglass aman untuk tetap diproduksi. Belum lagi keunggulan lain yang jika diterapkan pada proses pembangunan rumah juga mendukung untuk terciptanya rumah sehat. Contohnya: keunggulan pada segi flesibilitas bahan yang mudah dibentuk dan dikreasikan sesuai keinginan (bisa dijumpai pada contoh panel GRC Krawangan, GRC relief, panel cladding, dll.). Produk GRC seperti tersebut selain memberi keunggulan nilai-nilai estetis juga memiliki fungsi pendukung untuk rumah sehat. Berikut ini sekilas penjelasan tentang hubungan timbal balik GRC dan rumah sehat.
Merujuk pada standar rumah sehat sesuai dengan apa yang telah diatur dalam keputusan menteri kesehatan RI nomor: 829/Menkes/SK/VII/1999  tentang persyaratan rumah tinggal yang sehat adalah harus mempertimbangkan beberapa hal. Salah satunya adalah memperhatikan bahan bangunan yang digunakan untuk membangun. Jika suatu rumah dibangun dengan konsep bangun yang terencana (termasuk kedetailan perencaan bahan bangunan), maka dengan mudah aspek-aspek pendukung keberhasilan rumah sehat juga akan tercapai. Contoh sederhana di sini adalah peran bahan bangunan GRC (Glassfibre Reinforced Cement). GRC atau Glassfibre Reinforced Cement pada penerapannya sangat memungkinkan untuk mendukung terciptanya rumah sehat. Bagaimana tidak? Sesuai dengan ilustrasi singkat di atas, GRC dengan ragam bentuk dan keunggulannya yang sedemikian rupa bisa dimanfaatkan untuk membantu mewujudkan rumah sehat yang ideal.
Jika standar pertama yang ditetapkan untuk rumah sehat adalah bahan bangunan tidak terbuat dari bahan yang bisa menjadi tumbuh dan berkembangnya mikro organisme patogen, GRC bisa menjadi solusinya. Hasil percampuran bahan yang terkandung dalam GRC menjadikannya tidak mudah ditumbuhi mikro organisme patogen yang bisa mengganggu kesehatan manusia. Selain itu GRC juga tahan terhadap segala cuaca, tahan korosi, dan tidak mudah digunakan untuk pertumbuhan serangga.
Standar rumah sehat yang lain adalah serangkaian aspek yang mendukung tata ventilasi, tata cahaya, dan kualitas udara. Ketiga aspek ini saling terkait. Untuk mendapatkan penataan yang tepat dari ketiganya, bahan GRC mampu memenuhi kebutuhan itu. Dengan mengandalkan produk GRC jenis Krawangan, tata ventilasi bisa disiasati untuk mendapatkan efek pencahayaan dan kualitas udara yang baik di dalam rumah. GRC Krawangan adalah sebuah produk panel beton pracetak yang mempunyai fungsi sebagai intricate screen/ ventilasi ornamen dekoratif yang sangat banyak digunakan pada berbagai macam bangunan. Bentuk GRC Krawangan yang dirancang dengan ornamen dekoratif berlubang memiliki fungsi ganda, yaitu: menambah aspek keindahan bahan, membantu proses ventilasi ruang (proses keluar masuk udara pada ruangan), membantu tata cahaya dan suplai udara alamiah.  
Perhatian terhadap pengaruh bangunan rumah pada kesehatan pemiliknya begitu penting sebagai prasyarat rumah ideal yang sehat. Karena berawal dari rumah sehat akan sangat mendukung untuk kenyamanan aktivitas sehari-hari. Dengan melihat lebih teliti tentang komponen-komponen syarat rumah sehat seperti di atas, diharapkan bisa membantu untuk menentukan konsep rancang bangun suatu rumah yang memiliki standar kesehatan maksimal.
Untuk memenuhi kebutuhan dalam dunia arsitektur serta mendukung pemerintah dan masyarakat dalam usaha menggalakkan program rumah sehat, PT PJ Artikon siap melayani pemesanan produk-produk berbahan komposit yang ramah lingkungan dan tidak mengganggu kesehatan. PJ Artikon secara kontinu berkomitmen memberi pelayanan terbaik pada masyrakat dengan mencipta produk-produk unggulan berbahan komposit untuk pemenuhan kebutuhan bangunan, termasuk bangunan rumah yang bertolak pada kepedulian terhadap kesehatan.





www.grcartikon.co.id

Fine-Art of GFRC Products

Marketing Office:
*Ruko Terminal Mojoagung Blok A-5 Mojotrisno, Mojoagung, Jombang, Jawa Timur 61248, Indonesia 


 Workshop:
*Jl. Wonoayu Gg. Sawahan 99, Dukuh Mojo, Mojoagung, Jombang, Jawa Timur 61482

 
telp :
0321-490505